Minggu, 06 November 2016

Sejarah Perkembangan Universitas Cokroaminoto Palopo




     Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) yang populer dengan nama Uncokro Palopo berdiri sejak 1 Maret 1967 . Perguruan Tinggi ini pada awalnya dibina oleh Yayasan Perguruan Tinggi Cokroaminoto Makassar berdasarkan Akte Notaris Nomor: 33 Tanggal 16 Mei 1986 oleh Notaris M.G. Ohorella, S.H. dengan nama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Cokroaminoto Makassar filial Pinrang, yang selanjutnya pada tanggal 24 Januari 1976 diubah menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Cokroaminoto Palopo berdasarkan Surat Keputusan Koordinator Kopertis Wilayah VII Sulawesi, Maluku dan Irian Jaya Nomor: II Tahun 1976 Tanggal 24 Januari 1976. Pada tahun 1995, Yayasan Perguruan Tinggi Cokroaminoto Palopo juga membuka Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) Cokroaminoto Palopo berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 014/D/O/1995 Tanggal 23 Februari 1995. Dalam perkembangan selanjutnya, yakni pada tahun 2005, STKIP Cokroaminoto Palopo dan STIPER Cokroaminoto Palopo bergabung dan berubah bentuk menjadi Universitas Cokroaminoto Palopo berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 95/D/O/2005 tanggal 6 Juli 2005.

DASAR
Dasar Universitas Cokroaminoto Palopo adalah Pancasila, Undang-undang Dasar 1945 serta kaidah moral dan keilmuan. 

Visi
Visi Universitas Cokroaminoto Palopo adalah Perguruan Tinggi yang unggul dalam pendidikan karakter pada tahun 2030. 

Misi
Misi Universitas Cokroaminoto Palopo adalah :
  1. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota measyarakat yang bermoral serta memiliki kemampuan akademik dan atau profesional yang unggul dan mampu bersaing secara nasional maupun internasional.
  1. Menemukan, mengembangkan menciptakan karya di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya, serta menyebarkan demi kepentingan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan umat manusia.
  1. Meningkatkan kualitas dosen dan tenaga kependidikan lainnya dalam melaksanakan berbagai program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan kebutuhan pembangunan.
  1. Ikut berperan dalam meningkatkan kemajuan daerah dan bangsa melalui lulusan yang berwawasan global, toleran, dan cinta damai.

Tujuan 
Tujuan Universitas Cokroaminoto Palopo adalah :
  1. Mendalami dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang menjadi komponen pokok penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  1. Membangun program pendidikan yang membangun intelektual, mental, dan moral secara terintegrasi dan menghasilkan lulusan yang handal baik akademik maupun profesional.
  1. Mengabdikan ilmu, teknologi dan seni untuk kepentingan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat, bangsa, dan negara.
  1. Menjalin kemitraan dalam upaya pemberdayaan dan peningkatan kapasitas pemerintahan daerah dan masyarakat.

 
     Rumusan Visi dan Misi yang tertera di atas jelas memperlihatkan adanya kesesuaian tujuan pendidikan Tjokroaminoto dengan UNCP. Atau dengan kata lain, secara sadar atau tidak UNCP telah mengiplementasikan pemikiran Tjokroaminoto. Perlu diketahui dan disadari bahwa Cokroaminoto ternyata guru para pendiri bangsa ini karena tanpa disadari beliau adalah guru dari Soekarno, Soekarmadji Marijan Kartosoewirjo, Moenawar Musso, Buya HAMKA, Agus Salim, Abdul Moeis, dan tokoh yang lain. Dengan menerapkan pemikiran atau dengan mengajarkan pola pikir Tjokroaminoto di UNCP, harapannya kelak dari UNCP akan lahir tokoh-tokoh bangsa baru. Sekaligus menjadikan pemikiran Tjokroaminoto sebagai penciri utama UNCP, seperti halnya dengan UNISMUH dengan ke-Muhammadiyah-annya.
Mendikbud (http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/3997) mengatakan "Jika Tjokro, seratus tahun yang lalu, sudah mengatakan pentingnya pendidikan, pesan ini harus kita kerjakan juga sekarang. Dengan begitu Indonesia akan berubah, dan menjadi bangsa yang hebat.”





Tidak ada komentar:

Posting Komentar